diposkan pada : 13-12-2021 15:15:00

Dilihat : kali

Banyak orang tua mengalami kesulitan saat memberikan makanan pada anak mereka. Beberapa anak bahkan melakukan mogok makan karena makanan yang disajikan tidak disukai anak. Kondisi ini mungkin masih bisa diatasi karena anak akan makan dengan sendirinya saat perut mereka merasa lapar.

Namun, bagaimana jadinya kalau anak tidak ingin dalam waktu yang lama, bahkan hinga berhari-hari?

Kalau begitu, sebaiknya Ayah dan Bunda segera cari tahu penyebabnya. Bisa jadi bukan karena rasa makanan, tetapi gangguan kesehatan yang memengaruhi nafsu makan anak.

Oleh karena itu, simak informasi berikut ini yuk Ayah Bunda!

Penyebab Nafsu Makan Anak Berkurang

Ada banyak alasan mengapa seorang anak bisa kehilangan nafsu makan. Beberapa penyebabnya antara lain:

1. Virus dan bakteri

Seorang anak dengan nafsu makan yang baik biasanya akan mengonsumsi makanan dengan baik. Namun, jika tiba-tiba anak Bunda menolak secara tiba-tiba dalam waktu yang lama, bisa jadi anak menderita sakit perut.

Sakit perut bisa disebabkan bakteri atau virus yang menyerang sistem pencernaan. Jika ini alasannya, sebaiknya Bunda langsung periksakan Si Kecil agar mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Sembelit

Seorang anak yang mengalami sembelit mungkin tidak ingin makan karena perutnya terasa penuh dan tidak nyaman. Sembelit bahkan bisa membuat perut sakit. Untuk mengatasi ini, Bunda bisa memberikan makanan alami yang dapat melancarkan pencernaan seperti pepaya atau memberikan obat pencahar kepada anak sesuai dengan dosis. Namun, sebaiknya Bunda berkonsultasi dulu ya sebelum memberikan obat pencahar. 

3. Esofagitis eosinofilik

Kondisi yang sulit diucapkan ini disebabkan oleh penumpukan jenis sel sistem kekebalan tertentu di kerongkongan anak Bunda. Ini bisa disebabkan oleh alergi atau refluks asam. Esofagitis eosinofilik dapat menyebabkan tenggorokan menjadi bengkak dan nyeri sehingga anak malas untuk makan. 

4. Gangguan makan (eating disorder)

Ada berbagai gangguan makan seperti anorexia, bulimia, dan rumination. Meskipun kebanyakan orang menganggap ini sebagai masalah bagi remaja, gangguan makan (eating disorder) juga dapat terjadi pada anak-anak di usia 6 atau 7,5 tahun. Jika anak Bunda mengalami ini, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Alergi makan

Kadang-kadang alergi membuat anak tidak mau makan karena takut mengalami reaksi di tubuhnya. Reaksi alergi seorang anak bisa berbeda-beda, mulai dari reaksi ringan hingga berat. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda menghindari makanan yang memicu alergi pada anak. 

6. Penyakit serius 

Beberapa penyakit serius seperti gangguan pada penyakit yang mempengaruhi ginjal, hati, dan pencernaan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anak-anak.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab menurunnya nafsu makan anak. Jika penyebabnya adalah masalah medis, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter ya Bunda agar Si Kecil mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika tidak ada masalah medis, Bunda bisa mencoba mengkreasikan makanan dengan bentuk yang lucu atau warna-warni agar anak tertarik untuk makan.

Selain itu, jika Si Kecil masih berumur di bawah 2 tahun, penting untuk memerhatikan kecukupan ASI, meskipun nafsu makan anak berkurang.

jual obat ASI Booster Terbaik di Jombang

Posting by Admin

jual obat ASI Booster Terbaik di Jombang Bolehkan orang hamil memakan nanas Sebagian besar wanita sadar bahwa makan buah-buahan selama hamil dan saat menyusui bayinya adalah hal yang penting. ini disebabkan buah-buahan amat bergizi dan juga bayi akan memperoleh nutrisi buah yang Bunda konsumsi melalui ASI.  Nanas bisa disantap dimasa usia kehamilan sudah matang. Bagi Bunda yang usia kehamilannya sudah matang (9 bulan), dapat mengkonsumsi



74 Kali